Ryoutasventh

This is individual blog from me, i just share random article from my sociallity

Aug 18, 2014

Pengertian dasar Cinematography


Cinema. Merujuk pada motion picture. berasal dari kata Yunani kinema yang berarti gambar. Juga menjelaskan tempat dimana film diputar, baik yang beratap maupun yang terbuka.

Cinema verite. Disebut juga cinema Truth. Muncul diperancis pada tahun 1960-an dan dipengaruhi oleh realisme perancis, merupakan suatu gaya dalam pembuatan film dokumenter dimana kontrol sutradara atas aktor tidak disertakan. semua peristiwa yang terjadi bersifat alami, tanpa rekayasa. Pelaksaan produksi tidak bergantung pada kualitas aktor, set, property, special, effect atau biaya besar. Para pemeran yang terlibat adalah para pelaku sesungguhnya, tanpa latihan

Kamera yang merekam dibuat tidak mencolok sehingga para pelaku tidak terganggu oleh keberadaan kamera. Tujuannya adalah menampilkan kehidupan yang sesungguhnya, melalui media artistik film. Contoh klasik cinema verite adalah film dokumenter kanada Warrendale (1967) oleh Allan King, Chronicle of a Summer (1961) oleh Jean Rouch dan Le Joli Mai (1962) oleh Chris Marker

CINEMAGOER. Seorang yang teratur pergi menonton film kebioskop.

CINEMASCOPE, Nama dagang untuk perangkat presentasi dengan lensa anamorfik atau proyektor dan layar ekstra panjang, Memungkinkan proyeksi dari gambar yang jauh lebih besar dari ukuran biasanya. Banyak film epik dibuat dalam format cinemascope. Dalam kehidupan sehari-hari, istilah cinemascope merujuk pada semua format layar lebar.

CINEMATISE. Proses kerja kreatif untuk mentransfer sebuah drama, novel, atau karya lainnya menjadi sebuah film untuk bioskop.

CINEMATOGRAPHER/SINEMATOGRAFER.

Penata fotografi adalah orang yang melaksanakan aspek teknis dari pencahayaan dan fotografi adegan. seorang sinematografer yang kreatif juga akan membantu sutradara dalam menentukan sudut pencahayaan dan peletakan kamera.

CINEMATOGRAPHY/Sinematografi. Bidang ilmu yang membahasa teknik penangkapan gambar dan penggabungan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan gagasan.

Sinematografi memiliki objek yang sama dengan fotografi yakni menangkap pantulan cahaya yang mengenai bendai Objeknya yang sama menyebabkan peralatan pun mirip.
Perbedaannya peralatan dan penyampaian ide dalam fotografi menangkap gambar tunggal, sedangkan sinematografi menangkap dan menyampaikan rangkaian gambar.

Jadi, Sinematografi adalah gabungan antara fotografi dengan teknik perangkaian gambar atau dalam sinematografi disebut montage.
Sinematografi sangat dekat dengan film, yakni sebagai media penyimpan maupun sebagai genre seni. Film sebagai media penyimpan adalah berupa celluloid, sejenis pita plastik tipis yang dilapisi zat peka cahaya. Pita inilah yang selalu digunakan sebagai media penyimpan diawal pertumbuhan sinematografi. Film sebagai genre seni adalah produk sinematografi.

CINEMOBLIE. Nama dagang untuk unit lokasi pembuatan film yang lengkap dan dapat berpindah-pindah, membawa peralatan dan petugasnya dan memiliki banyak ukuran mulai dari van hingga bus besar.

CINEPLEX/SINEPLEK. Konsep baru pengelola gedung bioskop dengan menyekat-nyekat sebuah gedung bioskop besar menjadi beberapa ruang (studio) yang nyaman dan mewah, serta menawarkan beberapa film dalam satu malam, dilengkapi dengan tata suara dolby stereo untuk memuaskan telinga Penonton.

Di Indonesia, konsep baru ini ditawarkan oleh kelompok Cineplex 21, dimulai pada tahun 1984. Sineplek biasanya dilengkapi lobby menarik, kafetaria, toilet, dan ruang pertunjukan dengan desain interior yang nyaman.

Tentang Sinematografi
Sejarah sinematografi sangat panjang, namun disini tidak akan dibahas tentang "perjalanan" sinematografi dari awal. Kemajuan teknologi akan terus berkembangan, demikian juga dengan teknologi sinematografi, sehingga kini dikenal dengan sinematografi digital. Kemajuan ini tentu saja akan lebih memudahkan para sineas dalam berkarya.
Sebelum lebih lanjut membahas sinematografi, baiknya kita fahami dulu makna dari sinematografi itu sendiri. Sinematografi adalah kata serapan dari bahasa inggris Cinematography yang berasal dari bahasa latin kinema 'gambar'

Sinematografi sebagai ilmu serapan merupakan bidang ilmu yang membahasa tentang teknik menangkap gambar dan menggabung gabungkan gambar tersebut hingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan ide.

No comments:

Post a Comment