Ryoutasventh

This is individual blog from me, i just share random article from my sociallity

Jul 28, 2014

8 Pengertian Seputar Animasi 3 Dimensi

Ini adalah hasil dari Software Blender 3D "Hiu"


1. Defenisi Animasi 3 Dimensi

Animasi 3 dimensi (3D) adalah proses pembuatan pergerakan gambar dalam lingkaran 3 diemsni. Prinsip kerjanya sama dengan animasi 2 dimensi hanya objek yang
dibangun adalah bangun 3 dimensi seperti : Shape, kerucut/cone, kubus dan lain-lain.
Animasi 3 dimensi secara keseluruhan dikerjakan menggunakan bantuan komputer. Melalui menu gerakan dalam program komputer, keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi.

2. Konsep dasar objek 3D

Objek 3 D memiliki ruang dan volume. Objek 3D memiliki lokasi kordinat X, Y, dan Z. Jika pada bidang 2 dimensi objek dapat digerakan ke kanan kiri (X) dan atas bawah  (Y), maka pada ruang 3 dimensi, sebuah objek dapat digerakan ke kanan kiri dan atas bawah, juga dapat digerakan kedepan dan kebelakang (Z). Objek 3D pada umumnya memiliki sub objek, yaitu elemen-elemen pembentuk objek tersebut. Elemen-elemen itu adalan Vertex, Edge, dan Face.
Vertex adalah sebuah titik yang terletak pada kordinat X, Y, dan Z. Dua vertex jika digabungkan akan menjadi edge. Bidang permukaan berupa kurva tertutup yang terbentuk dari tiga vertex dan edge (memiliki tiga sisi) atau lebih disebut face. Kumpulan vertex, edge, dan face yang membentuk sebuah objek yang utuh disebut dengan mesh.

 3. Jenis permodelan

Permodelan 3D dikelompokan menjadi dua jenis yaitu Hardsurface dan Organic. Objek Hardsurface adalah segala sesuatu buatan manusia, misalnya meja, gedung, mesin, robot dan lain-lain. sedangkan objek Organic adalah sesuatu yang secara alami tersedia didalam, misalnya : manusia, hewan , pegunungan, awan bahkan juga cahaya.

4. Sejarah dan perkembangan animasi 3 Dimensi

Awal perkembangan animasi 3D sesungguhnya sudah dimulai sejak tahun 1964, ketika Ivan Sutherland dari Massachussetts Institute of Technology berhasil mengembangkan sebuah program bernama Sketsachpad yang mampu menggambar sinar-sinar garis langsung dan Cathoda ray Tube (CRT). hasilnya adalah sebuah objek yang sederhana dan mendasar namum membuka pandangan manusia tentang bagaimana grafis komputer bisa digunakan.
Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya.

5. Film animasi 3 dimensi

Semenjak "Toy Story" buatan Disney (Pixar Studio)  dirilis pada 22 November 1995, makan berlomba-lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis.
Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ, Donosaurus, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc, hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale, Cars, Valian, Avatar, dll.


6. Perkembangan Animasi 3D di Indonesia

Tahun 2004 tepatnya tanggal 7 Mei, merupakan sejarah bagi per-Animasian Indonesia dengan dirilisnya film cerita "Kasat Mata Jogja" bekerja sama dengan kelompok  Visi Anak Bangsa Pimp. Garin Nugroho, membuat film animasi 3D "Homeland" dengan sutradara Gangsar Waskito. FIlm yang memiliki durasi 30 menit itu berjisah soal petualangan seorang bocah bernama Bumi yang berusaha menemukan tempat tinggalnya didunia yang imajiner. Sampai saat ini masih belum banyak fim animasi 3D yang dibuat oleh orang indonesia, berikut ini adalah film 3D yang pernah muncul dibioskop yaitu Petualangan Singa Pemberani tanggal 6 September 2012, Petualangan Singa Pemberani 2 tanggal 14 Maret 2013.

7. Industri Film 3D

  • ·        Hiburan (film)
  • ·        Advertising (iklan)
  • ·        Simulasi (kedokteran, pertanian, industri)
  • ·        Edukasi (media pembelajaran)
  • ·        Games


8. Software animasi 3 dimensi

Blender, Maya 3D, Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, SoftImage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D, Canoma, dll.
Meskipun fitur atau menu didalamnya tersebut cukup kompleks dan rumit, animasi 3D membutuhkan proses yang relative sederhana dibandingkan 2D, karena semua proses bisa langsung dikerjakan dalam satu perangkat lunak komputer.

Itulah beberapa informasi seputar animasi 3 dimensi dari buku yang saya baca dari sekolah saya :D


2 comments:

  1. Nice info gan.
    keep posting yoww.



    Mampir juga gan
    www.sumpahfakta.blogspot.com ^^

    ReplyDelete
  2. thanks infonya gan. bermanfaat

    ReplyDelete