Ryoutasventh

This is individual blog from me, i just share random article from my sociallity

Jul 28, 2014

Pipeline Animasi 3 Dimensi/Alur Kerja Produksi




Pipeline adalah alur kerja/produksi pembuatan film animasi. dibawah ini adalah alur kerja animasi 3 dimensi yang biasa digunakan beberapa studio animasi. Setiap pembuatan animasi akan melalui proses Pra Produksi, Produksi dan Pasca Produksi. Alur produksi tersebut haruslah berurutan karena sangat sulit jika tidak berurutan.

A. Pra Produksi

  • Cerita

Cerita sangatlah penting dan harus ada terlebih dahulu, dengan adanya ceruta kita dapat mengetahui apa yang akan dkita buat dan apa saja
yang diperlukan dalam cerita tersebut.

  • Script 

Script adalah naskah cerita yang akan diperankan oleh masing-masing tokoh. Dengan adanya script, ilustrator sudah mulai bisa menvisualisasikan bentuk story board yang akan dibuat untuk masing-masing scenenya.

  • Brain Stroming

Sangatlah berguna untuk para ilustrator yang membuat concept art, perpaduan refrensi gambar dan cerita digabung dan diotak atik, sehingga membentuk sebuah konsep yang akan dikerjakan pada tahap concept art. Brain stroming lebih ke pendekatan cerita dengan gambar refrensi sehingga diperoleh gambar-gambar yang disebut konsep. 
Setelah, itu diaplikasikan sehingga membentuk concept art.

  • Concept Art

Concept Art berisi konsep untuk tiap-tiap elemen yang ada pada cerita, seperti bentuk karakter, bentuk tas, pakaian karakter dan sebagainya. Hal ini perlu digambarkan dengan detail oleh ilustrator agar dapat dengan mudah dipahami oleh orang yang bertugas mempersiapkan elemen-elemen tersebut dengan mudah dipahami oleh orang yang bertugas mempersiapkan elemen-elemen tersebut (dalam animasi 3D disebut Modeler).
Dalam pembuatan concept art diperlukan gambar refrensi untuk mempermudah pekerjaan misal untuk perkampungan kumuh didaerah Jakarta diperlukan gambar
refrensi contoh kampung kumuh dijakarta dsb.

  • Story Board

Story board bisa disebut sebuah komik yang berisi detail tiap-tiap scene mulai dari script, dialog, posisi kamera, gerakan kameran, durasi, dan segala macam gerak gerik yang ada dalam sebuah scene. Hal ini sering dilewatkan oleh kebanyakan orang. padahal elemen ini sangatlah penting, karena sangat membantu dalam efektivitas waktu saat produksi.

  •  Animatic Story Board

Dengan ini kita bisa mengetahui story board yang berjalan layaknya video stop motion sehingga animator mempunyai bayangan bagaimana menggerakan karakter agar sesuai dengan story board.

  • Manajemen File

Dalam pembuatan sebuah animasi, kita memerlukan kerjasama tim. Oleh karena itu diperlukan standarisasi penamaan file, folder dan komponen lainnya untuk mempermudah koordinasi antar anggota.


B. Produksi

  • Modeling

Adalah proses pembuatan objek berupa karakter, benda, dan berbagai macam bentuk objek yang dibutuhkan dalam pembuatan animasi. Objek-objek tersebut dapat dibentuk dari objek sederhana yang sudah ada pada software 3D seperti Kubus(Cube), bola(Sphere), tabung(Cylinder) dan sebagainya.

  • Texturing

Adalah proses pemberian material dalam bentuk warna maupun gambar pada objek yang sudah dibuat melalui tahap modeling Hal ini berguna untuk memberikan permukaan dari suatu objek agar dapat memberikan kesan, warna, dan ciri khas sesuai dengan objek yang sebenarnya.

  • Rigging

Adalah proses pemasangan tulang terhadap karakter maupun objek yang diperlukan dan memudahkan animator untuk menggerakkan objek berdasarkan tulang yang dibuat. Rigging ini tidak terbatas pada sebuah karakter, benda matipun dapat memanfaatkan rigging untuk mempermudah dalam mengerakan.

  • Animation

Adalah proses penghidupan karakter maupun objek yang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, sehingga objek tidak hanya diam.

  • Rendering

Adalah proses mengubah file-file mentah 3D pada software pengolahan konten 3 dimensi menjadi sebuah format yang dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus memiliki file produksi. File yang dihasilkan dapat berupa video, gambar maupun audio. Proses rendering memakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan yang lain, tergantung tingkat kerumitan objek yang akan dirender. Resolusi ideal untuk sebuah video adalah 720x576 pixel. Dan format gambar yang ideal adalah JPEG/JPG, PNG, bmp, dll.



C. Paska Produksi
  •  Compositing

Adalah proses menggabungkan beberapa file hasil rendering berupa karakter maupun background kedalam sebuah software. Biasanya software yang digunakan adalah Adobe After Effect dan Adobe Premier Pro maupun software dari Sony.

  • Editing

Kegiatan editing dalam produksi animasi adalah proses merangkai dan menyusun potongan-potongan adegan film, menambahkan effect, transisi, serta musik ataupun narasi agar menjadi satu kesatuan sehingga sesuai dengan naskah. Potongan-potongan film tersebut diperoleh pada saat kegiatan pengambilan gambar berlangsung.

Itulah beberapa informasi seputar Produksi, Pra Produksi dan Paska Produksi semoga anda dapat menambah ilmu dan wawasan anda. :D

No comments:

Post a Comment