Ryoutasventh

This is individual blog from me, i just share random article from my sociallity

Jan 20, 2016

Contoh Proposal SMK Uji Kompetensi


PROPOSAL UJIAN KOMPETENSI KEJURUAN (UKK) ANIMASI 3 DIMENSI “ARSITEKTUR BANGUNAN”
SMKN 3 TANGERANG SELATAN 2015

Disusun oleh :
Nama Peserta        : CHENDY YOURDAN
Nomor Peserta      :
-
Kelas                      : XII ANIMASI 2

SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan
Tahun Pelajaran 2014/2015


BAB I
KATA PENGANTAR
            Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga penyusunan Proposal Ujian Praktik Kejuruan Animasi 3D ini dapat diselesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Ucapan terima kasih kepada guru pembimbing mata pelajaran Animasi atas bantuannya sehingga proposal ini dapat terselesaikan dengan baik.
Ujian praktik kejuruan ini dilaksanakan sebagai salah satu syarat kelulusan di jenjang SMK khususnya kompetensi keahlian animasi tahun pelajaran 2014/2015. Tema yang saya ajukan dalam proposal ini adalah “Arsitektur Rumah Mewah” dari daerah perkomplekan yang ada dikota-kota besar, sehingga dengan adanya karya ini dapat membantu mempromosikan rumah-rumah besar. Dalam proposal ini terdapat beberapa program kerja diantaranya jadwal, mekanisme kerja, anggaran biaya dan beberapa hasil karya saya yang pernah dibuat selama sekolah di SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan.
Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada kedua orang tua atas izinnya, bekal dan doa yang telah diberikan dalam pelaksanaan UKK. Proporsal ini dapat terselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari semua pihak. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu dalam penyeselaian Proporsal ini, terutama kepada:
1.      Guru , selaku guru Animasi 3D
2.      Guru , selaku kepala jurusan
3.      Guru , selaku walikelas
4.      Guru, selaku Kepala SMKN 3 kota Tangerang Selatan.
5.      Guru-guru SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan.
6.      Teman-teman SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan yang memberi dukungan langsung maupun tidak langsung.
7.      Serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu dalam proses penyusunan Proporsal ini.
Saya menyadari sepenuhnya bahwa proporsal ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat saya harapkan. Mudah-mudahan proporsal ini dapat bermanfaat bagi saya khususnya dan pembaca pada umunnya.
Tangerang Selatan, 16 Februari 2015

Penyusun
Chendy Yourdan

                                                                                    DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……………………………………………………………              i
KATA PENGANTAR………………………………………………………….              ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………...........              iii
BAB I  PENDAHULUAN
A.     Latar belakang………………………………………………………                        1
Pengertian Animasi…………………………………………………
BAB II PROSES PELAKSAAN
A.     Rencana Kerja………………………………………………………           
1.      Pra produksi………………………………………………………         
2.      Produksi…………………………………………………………           
3.      Paska produksi………………………………………………….           
B.     Maksud dan Tujuan…………………………………………………..                      15
C.     Pelaksanaan Kegiatan……………………………………………….           
D.     Panitia dan Penguji………………………………………………….
E.      Kebutuhan alat dan bahan………………………………………….           
F.      Anggaran Biaya………………………………………………………         
G.     Rencana kerja Uji kompentensi Kejuruan…………………………….      
BAB III TEMUAN
A.     Mekanisme Kerja …………………………………………………….         
BAB IV PENUTUP
A.     Kesimpulan……………………………………………....................            .           23       
B.     Kritik dan saran……………………………………………………….                     24
LAMPIRAN-LAMPIRAN
A.     Agenda/jurnal/portofolio
                 
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pengertian Animasi
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.
BAB II
RENCANA KERJA

            Membuat animasi design bangunan yang dimana dalam proyek ini saya membuat animasi menggunakan software Blender,berikut adalah tahapan-tahapan mekanisme kerja, yaitu:

1.      Pra produksi
a.       Survei, untuk mengetahui daerah sekitar lingkungan tanah atau bangunan yang akan kita bangun seperti mengetahui struktur tanah sistem drainase dan landscape.
b.      Denah, sangat penting dalam penempatan tata ruang sehingga dapat terlihat dengan    rapih dan indah
c.       Pengukuran, agar bangunan sesuai dengan apa yang kita inginkan dan dapat terlihat real antara perbandingan objek satu dengan lainnya
d.      Design, menentukan design sesuai keinginan kita atau owner

2.      Produksi
a.       Modeling Denah, Adalah proses pengaplikasian hasil ukuran tanah menjadi denah rumah seperti pengukuran luas ruangan,tinggi bangunan,letak pintu,jendela,tangga dll. Proses ini menggunakan software Autocad
b.      Modeling Bangunan, Visualisasi dari denah menjadi bentuk model bangunan 3D, proses ini memkanan waktu yang cukup lama dalam hal ini kita mengaplikasikan denah yang kita buat menjadi bentuk 3 dimensi dalam Blender, bagian ini lumayan  rumit karena tidak boleh melenceng dari apa yang kita buat dari Autocad.
c.       Surfaceing Building, adalah bagian membuat bangunan tampak real atau nyata dengan menerapkan tekstur atau meterial dibagian yang diinginkan seperti tembok,rumput,jendela dll. Surfacing sangat penting objek bangunan terlihat real sehingga dapat meningkatkan kualitas saat rander.
d.      Lightning, adalah proses pencahayan pada objek, proses ini memberikan cahaya pada objek agar aksen bangunan terlihat lebih jelas dan nyata, proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama agar cahaya yang kita inginkan dapat teraplikasi dengan baik.

3.      Pasca Produksi
a.       Render, Memvisualisasikan gambar output dari objek 3d ataupun scene, fitur seperti materials,shadow,texture,lightning,semakin detail dan realistic suatu objek atau scene maka proses render akan semakin lama (proses ini memakan waktu yang sama seperti proses modeling).
b.      Compositing, Proses penggabungan gambar-gambar hasil render menjadi format video dan ditambahkan backsound.
c.       Burning, Proses memindahkan/merubah format video kedalam CD/DVD.

Maksud dan Tujuan :
·        Sebagai penjamin mutu pendidikan dan dalam bentuk akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan kepada semua pihak pemangku kepentingan (stackholder).
·        Sebagai ujian akhir siswa khususnya materi kejuruan di Program Keahlian Animasi.
·        Sebagai syarat kelulusan siswa tingkat XII Program Keahlian Teknik Animasi.
·        Untuk mengetahui tingkat keterampilan siswa yang akan bersaing di dunia industri.
·        Meningkatkan keterampilan siswa dalam Bidang Animasi.

Pelaksanaan Kegiatan :
Kegiatan Ujian Kompetensi Kejuruan Teknik Animasi akan diselenggarakan
pada :

Tanggal          : Mingu s/d Sabtu, 22-28 Februari 2015
Waktu             : Pkl. 07:00 – s/d WIB
Tempat           : Lab. Animasi SMKN 3 Tangerang Selatan

    Panitia dan Penguji :

Kepanitiaan Ujian Praktek Kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan :

   Kepala Program Studi Animasi            : Guru
   Penguji Eksternal I                                 : -
   Penguji Eksternal II                                : -
   Penguji Internal I                                    : Guru
   Penguji Internal II                                   : Guru
   Penanggung Jawab                                 : -
   Kepala Lab. Animasi                             : -
   Guru                                                         :
  
    Kebutuhan alat dan bahan      :

No
Alat dan bahan
Jumlah
Harga satuan (Rp)
1
Komputer core i3
1 Set
72.000
2
Pensil
1 Pcs
4.000
3
Penggaris
1 Pcs
2.000
4
Penghapus
1 Pcs
1.000
5
Kertas Storyboard
10 Lembar
2.000
6
Kertas HVS
5 Lembar
500
7
Chasing DVD
2 Pcs
20.000
8
Kertas lebel
1 Pcs
5.000
9
Kertas Label
2 Pcs
1.000
10
Kertas Cover
2 Pcs
3.000
11
Printer Warna
1 Pcs
5.000
12
Flashdisk 8gb
1 Pcs
100.000
13
Jaringan Internet
1 mb
20.000
14
Kabel Roll
1 Pcs
5.000
15
Instalasi Listrik
500 Watt
24.000


Total
264.500

Software Pendukung :
·        Software Blender 2.71                                            :           1
·        Software Photoshop CS 3                                       :           1
·        Software Sony Vegas Pro 11                                  :           1
·        Software Adobe After Effect CS 3                         :           1
·        Software Audicity                                                   :           1
·        Nero

Anggaran Biaya      :

·        Kebutuhan alat dan bahan                          : Rp 264.500
·        Transportasi                                                : Rp 14.999
·        Konsumsi 3 hari                                          : Rp 90.0000
·        Jasa tenaga ahli 24 jam @ 100.000/jam      : Rp 2.400.000

Total Biaya Produksi  : Rp 2.754.500
Harga Jual : Harga Produksi x 2 :  Rp. 5.509.000




Rencana Kerja Ujian Kompetensi Kejuruan :

            Pra Produksi
·        Ide cerita
·        Sinopsis
·        Script
·        Desain denah
·        Story board

Produksi
·        Modeling (Rumah, Properti, Background)
·        Texturing/Material
·        Animate
·        Rendering


Paska Produksi
·        Composite
·        Editing
·        Final Render
·        Mastering (Pemindahan file ke DVD/VCD)
·        Desain Cover DVD/VCD



BAB III
                               Mekanisme Kerja Siswa        
Jadwal kegiatan
No
PEKERJAAN
HARI /TANGGAL
Senin, 23-02-2015
Selasa, 24-02-2015
Rabu, 25-02-2015
A
Pra Produksi



1
Penentuan Lokasi
07.00 – 07.15 


2
Pembuatan Script
07.15 – 08.00


3
Membuat Storyboard
08.00 – 09.00 


4
Modeling Denah Rumah
 09.00 – 12.00


B
Produksi



1
Modeling (Property, Background)
12.00 – 16.00 


2
Pembuatan Landscape

07.00 – 10.00 

3
Surfacing

10.00 – 11.00 

1
Lightning

 11.00 – 12.30


Penempatan tata letak rumah

12.30 – 13.00
Render
13.00-16.00
C
Paska Produksi



1
Compositing


07.00 – 12.00 
2
Editing


12.00 – 14.00 
3
Final Render


14.00 – 14.30 
4
Mastering


14.30 – 15.30 
5
Desain cover dan lebel


 15.30 – 16.00

BAB IV
Penutup

      A.    Kesimpulan  :          
            Dengan adanya Ujian Praktik Kejuruan Animasi ini saya dapat menjadi tolak ukur kemampuan animasi yang saya pelajari disekolah. Semoga karya yang saya buat bermanfaat untuk diri sendiri sebagai bahan evaluasi untuk membuat karya yang lebih baik lagi. Dan untuk adik-adik kelas semoga karya ini dapat dijadikan sebagai acuan. Demikian proposal yang saya ajukan untuk mengikuti Ujian Praktik Kejuruan Animasi. Apabila terdapat kesalahan saya mohon maaf.

       B.     Kritik dan Saran

1.      Penyusun menyadari bahwa apa yang akan saya buat nanti masih jauh dari hasil sempurna.
2.      Sebaiknya untuk belajar animasi harus mulai dengan niat yang tulus, teliti, tekun, kreatif, inovatif.
3.      Jangan berhenti untuk berkarya dalam animasi walaupun telah lulus dari jenjang SMK. Semoga kita semua dapat bekerja sesuai dengan bidang keahliannya.









SCRIPT
Tema : Arsitektur Rumah
Judul : Promosi rumah stylish
Scene
Setting
Cerita
Durasi
Audio
Camera
Keterangan
Intro
Suasana Luar Rumah
Rumah mewah stylish yang terlihat sepi. Rumah yang begitu stylish yang berbeda dari rumah-rumah sekitarnya.
 5'
Musik santai/Jazz
Full Shot
Titling Judul
01
Pintu depan rumah
Camera masuk kedalam rumah untuk melihat-lihat keadaan dalam rumah.
5'
Musik Pop Modern
Full Shot

02
Isi dalam rumah
Kemudian camera menyorot beberapa interior yang berada di dalam rumah.
15'
Musik Pop Modern
Close Up

03
Eksterior/Luar Rumah
Camera berjalan menuju keluar dan menyorot kembali suasana luar rumah.
5’
Musik Pop Modern
Full Shot
Persiapan Ending

Lampiran :

Curicullum Vitae (CV)
 
 
Nama                          : Nama
NIS                             : -
TTL                            : -
Tinggi/Berat badan    : -
Jenis Kelamin            : Laki-Laki
Alamat                       : -
  -
Kode Pos                   : -
Agama                        : -
No Tlp/HP                 : -
E-mail                        : 
Pendidikan Formal             :
            TK                   : -
            SD                   : -
            SMP                : -
            SMK               : -


Pendidikan Non-formal     :
-
Pengalaman Bekerja         :
            -

Perilaku/Watak                  :
            -

Skill/Kemampuan               :
§  Bisa memakai software Blender 3D
§  Bisa memakai software Adobe After Effect
§  Bisa memakai software Sony Vegas 10-11 Pro
§  Bisa memakai software Aegisub 32b
§  Bisa memakai software MMD
§  Berpengalaman memakai software-software yang saya punya

Portofolio                             :


No comments:

Post a Comment