PROPOSAL UJIAN KOMPETENSI
KEJURUAN (UKK) ANIMASI 3 DIMENSI “ARSITEKTUR BANGUNAN”
SMKN 3 TANGERANG SELATAN 2015
Disusun
oleh :
Nama Peserta : CHENDY YOURDAN
Nomor Peserta : -
Kelas : XII ANIMASI 2
Nomor Peserta : -
Kelas : XII ANIMASI 2
SMK Negeri 3
Kota Tangerang Selatan
Tahun Pelajaran 2014/2015
BAB I
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan
karunianya sehingga penyusunan Proposal Ujian Praktik Kejuruan Animasi 3D ini
dapat diselesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Ucapan terima kasih
kepada guru pembimbing mata pelajaran Animasi atas bantuannya sehingga proposal
ini dapat terselesaikan dengan baik.
Ujian
praktik kejuruan ini dilaksanakan sebagai salah satu syarat kelulusan di
jenjang SMK khususnya kompetensi keahlian animasi tahun pelajaran 2014/2015. Tema
yang saya ajukan dalam proposal ini adalah “Arsitektur Rumah Mewah” dari daerah
perkomplekan yang ada dikota-kota besar, sehingga dengan adanya karya ini dapat
membantu mempromosikan rumah-rumah besar. Dalam proposal ini terdapat beberapa
program kerja diantaranya jadwal, mekanisme kerja, anggaran biaya dan beberapa
hasil karya saya yang pernah dibuat selama sekolah di SMK Negeri 3 Kota
Tangerang Selatan.
Ucapan
terima kasih penulis sampaikan kepada kedua orang tua atas izinnya, bekal dan
doa yang telah diberikan dalam pelaksanaan UKK. Proporsal ini dapat terselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari semua
pihak. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut
membantu dalam penyeselaian Proporsal ini, terutama kepada:
1. Guru , selaku guru Animasi 3D
2. Guru ,
selaku kepala jurusan
3. Guru ,
selaku walikelas
4.
Guru, selaku Kepala SMKN 3 kota Tangerang Selatan.
5.
Guru-guru SMK Negeri 3
Kota Tangerang Selatan.
6.
Teman-teman SMK Negeri 3
Kota Tangerang Selatan yang memberi dukungan langsung maupun tidak langsung.
7. Serta
semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu
dalam proses penyusunan Proporsal ini.
Saya
menyadari sepenuhnya bahwa proporsal ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu
kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat
saya harapkan. Mudah-mudahan proporsal ini dapat bermanfaat bagi saya khususnya
dan pembaca pada umunnya.
Tangerang
Selatan, 16 Februari 2015
Penyusun
Chendy Yourdan
Chendy Yourdan
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL……………………………………………………………
i
KATA PENGANTAR…………………………………………………………. ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………........... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang……………………………………………………… 1
Pengertian
Animasi…………………………………………………
BAB II
PROSES PELAKSAAN
A.
Rencana
Kerja………………………………………………………
1.
Pra
produksi………………………………………………………
2.
Produksi…………………………………………………………
3.
Paska
produksi………………………………………………….
B.
Maksud
dan Tujuan………………………………………………….. 15
C.
Pelaksanaan
Kegiatan……………………………………………….
D.
Panitia
dan Penguji………………………………………………….
E.
Kebutuhan
alat dan bahan………………………………………….
F.
Anggaran
Biaya………………………………………………………
G. Rencana
kerja Uji kompentensi Kejuruan…………………………….
BAB III
TEMUAN
A.
Mekanisme
Kerja …………………………………………………….
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan…………………………………………….................... . 23
B.
Kritik
dan saran………………………………………………………. 24
LAMPIRAN-LAMPIRAN
A.
Agenda/jurnal/portofolio
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pengertian
Animasi
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari
sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur
pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang
terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa
gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat
animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika
berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga
keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur
gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik
untuk disaksikan.
BAB II
RENCANA
KERJA
Membuat animasi
design bangunan yang dimana dalam proyek ini saya membuat animasi menggunakan
software Blender,berikut adalah tahapan-tahapan mekanisme kerja, yaitu:
1.
Pra
produksi
a. Survei, untuk
mengetahui daerah sekitar lingkungan tanah atau bangunan yang akan kita bangun
seperti mengetahui struktur tanah sistem drainase dan landscape.
b. Denah, sangat penting
dalam penempatan tata ruang sehingga dapat terlihat dengan rapih dan indah
c. Pengukuran,
agar bangunan sesuai dengan apa yang kita inginkan dan dapat terlihat real
antara perbandingan objek satu dengan lainnya
d. Design, menentukan
design sesuai keinginan kita atau owner
2.
Produksi
a. Modeling Denah,
Adalah proses pengaplikasian hasil ukuran tanah menjadi denah rumah seperti
pengukuran luas ruangan,tinggi bangunan,letak pintu,jendela,tangga dll. Proses
ini menggunakan software Autocad
b. Modeling Bangunan,
Visualisasi dari denah menjadi bentuk model bangunan 3D, proses ini memkanan
waktu yang cukup lama dalam hal ini kita mengaplikasikan denah yang kita buat
menjadi bentuk 3 dimensi dalam Blender, bagian ini lumayan rumit karena tidak boleh melenceng dari apa
yang kita buat dari Autocad.
c. Surfaceing Building, adalah bagian
membuat bangunan tampak real atau nyata dengan menerapkan tekstur atau meterial
dibagian yang diinginkan seperti tembok,rumput,jendela dll. Surfacing sangat
penting objek bangunan terlihat real sehingga dapat meningkatkan kualitas saat
rander.
d. Lightning,
adalah proses pencahayan pada objek, proses ini memberikan cahaya pada objek
agar aksen bangunan terlihat lebih jelas dan nyata, proses ini membutuhkan
waktu yang cukup lama agar cahaya yang kita inginkan dapat teraplikasi dengan
baik.
3.
Pasca
Produksi
a. Render,
Memvisualisasikan gambar output dari objek 3d ataupun scene, fitur seperti
materials,shadow,texture,lightning,semakin detail dan realistic suatu objek
atau scene maka proses render akan semakin lama (proses ini memakan waktu yang
sama seperti proses modeling).
b. Compositing,
Proses penggabungan gambar-gambar hasil render menjadi format video dan
ditambahkan backsound.
c. Burning, Proses
memindahkan/merubah format video kedalam CD/DVD.
Maksud
dan Tujuan :
·
Sebagai penjamin mutu
pendidikan dan dalam bentuk akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan kepada
semua pihak pemangku kepentingan (stackholder).
·
Sebagai ujian akhir
siswa khususnya materi kejuruan di Program Keahlian Animasi.
·
Sebagai
syarat kelulusan siswa tingkat XII Program Keahlian Teknik Animasi.
·
Untuk
mengetahui tingkat keterampilan siswa yang akan bersaing di dunia industri.
·
Meningkatkan
keterampilan siswa dalam Bidang Animasi.
Pelaksanaan Kegiatan :
Kegiatan
Ujian Kompetensi Kejuruan Teknik Animasi akan diselenggarakan
pada
:
Tanggal : Mingu s/d Sabtu, 22-28 Februari 2015
Waktu :
Pkl. 07:00 – s/d WIB
Tempat : Lab. Animasi SMKN 3 Tangerang
Selatan
Panitia dan Penguji :
Kepanitiaan Ujian Praktek Kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan :
Kepala Program Studi Animasi : Guru
Penguji
Eksternal I : -
Penguji
Eksternal II : -
Penguji
Internal I : Guru
Penguji Internal II : Guru
Penanggung Jawab : -
Kepala Lab. Animasi : -
Guru :
Kebutuhan alat dan bahan :
No
|
Alat dan bahan
|
Jumlah
|
Harga satuan (Rp)
|
1
|
Komputer
core i3
|
1 Set
|
72.000
|
2
|
Pensil
|
1 Pcs
|
4.000
|
3
|
Penggaris
|
1 Pcs
|
2.000
|
4
|
Penghapus
|
1 Pcs
|
1.000
|
5
|
Kertas
Storyboard
|
10 Lembar
|
2.000
|
6
|
Kertas
HVS
|
5 Lembar
|
500
|
7
|
Chasing
DVD
|
2 Pcs
|
20.000
|
8
|
Kertas
lebel
|
1 Pcs
|
5.000
|
9
|
Kertas
Label
|
2 Pcs
|
1.000
|
10
|
Kertas
Cover
|
2 Pcs
|
3.000
|
11
|
Printer
Warna
|
1 Pcs
|
5.000
|
12
|
Flashdisk
8gb
|
1 Pcs
|
100.000
|
13
|
Jaringan
Internet
|
1 mb
|
20.000
|
14
|
Kabel
Roll
|
1 Pcs
|
5.000
|
15
|
Instalasi
Listrik
|
500 Watt
|
24.000
|
Total
|
264.500
|
Software
Pendukung :
·
Software Blender 2.71 : 1
·
Software Photoshop CS 3 : 1
·
Software Sony Vegas
Pro 11 : 1
·
Software Adobe After
Effect CS 3 : 1
·
Software Audicity : 1
·
Nero
Anggaran
Biaya :
·
Kebutuhan
alat dan bahan :
Rp 264.500
·
Transportasi :
Rp 14.999
·
Konsumsi 3 hari : Rp
90.0000
·
Jasa tenaga ahli 24
jam @ 100.000/jam : Rp 2.400.000
Total
Biaya Produksi : Rp 2.754.500
Harga Jual : Harga Produksi x 2 : Rp. 5.509.000
Rencana Kerja Ujian Kompetensi Kejuruan :
Pra
Produksi
·
Ide cerita
·
Sinopsis
·
Script
·
Desain denah
·
Story board
Produksi
·
Modeling (Rumah,
Properti, Background)
·
Texturing/Material
·
Animate
·
Rendering
Paska
Produksi
·
Composite
·
Editing
·
Final Render
·
Mastering
(Pemindahan file ke DVD/VCD)
·
Desain Cover DVD/VCD
BAB III
Mekanisme Kerja
Siswa
Jadwal kegiatan
No
|
PEKERJAAN
|
HARI /TANGGAL
|
||
Senin, 23-02-2015
|
Selasa, 24-02-2015
|
Rabu, 25-02-2015
|
||
A
|
Pra Produksi
|
|||
1
|
Penentuan Lokasi
|
07.00 – 07.15
|
||
2
|
Pembuatan Script
|
07.15 – 08.00
|
||
3
|
Membuat Storyboard
|
08.00 – 09.00
|
||
4
|
Modeling Denah Rumah
|
09.00 – 12.00
|
||
B
|
Produksi
|
|||
1
|
Modeling (Property, Background)
|
12.00 – 16.00
|
||
2
|
Pembuatan Landscape
|
07.00 – 10.00
|
||
3
|
Surfacing
|
10.00 – 11.00
|
||
1
|
Lightning
|
11.00 – 12.30
|
||
Penempatan tata letak
rumah
|
12.30 – 13.00
|
|||
Render
|
13.00-16.00
|
|||
C
|
Paska Produksi
|
|||
1
|
Compositing
|
07.00 – 12.00
|
||
2
|
Editing
|
12.00 – 14.00
|
||
3
|
Final Render
|
14.00 – 14.30
|
||
4
|
Mastering
|
14.30 – 15.30
|
||
5
|
Desain cover dan lebel
|
15.30 – 16.00
|
BAB IV
Penutup
A.
Kesimpulan :
Dengan
adanya Ujian Praktik Kejuruan Animasi ini saya dapat menjadi tolak ukur
kemampuan animasi yang saya pelajari disekolah. Semoga karya yang saya buat
bermanfaat untuk diri sendiri sebagai bahan evaluasi untuk membuat karya yang
lebih baik lagi. Dan untuk adik-adik
kelas semoga karya ini dapat dijadikan sebagai acuan. Demikian proposal yang
saya ajukan untuk mengikuti Ujian Praktik Kejuruan Animasi. Apabila terdapat
kesalahan saya mohon maaf.
B.
Kritik dan Saran
1.
Penyusun
menyadari bahwa apa yang akan saya buat nanti masih jauh dari hasil sempurna.
2.
Sebaiknya untuk belajar animasi harus mulai dengan niat yang tulus,
teliti, tekun, kreatif, inovatif.
3.
Jangan berhenti
untuk berkarya dalam animasi walaupun telah lulus dari jenjang SMK. Semoga kita
semua dapat bekerja sesuai dengan bidang keahliannya.
SCRIPT
Tema
: Arsitektur Rumah
Judul : Promosi rumah stylish
Judul : Promosi rumah stylish
Scene
|
Setting
|
Cerita
|
Durasi
|
Audio
|
Camera
|
Keterangan
|
Intro
|
Suasana Luar Rumah
|
Rumah
mewah stylish yang terlihat sepi. Rumah yang begitu stylish yang berbeda dari
rumah-rumah sekitarnya.
|
5'
|
Musik santai/Jazz
|
Full Shot
|
Titling Judul
|
01
|
Pintu depan rumah
|
Camera
masuk kedalam rumah untuk melihat-lihat keadaan dalam rumah.
|
5'
|
Musik Pop Modern
|
Full Shot
|
|
02
|
Isi dalam rumah
|
Kemudian
camera menyorot beberapa interior yang berada di dalam rumah.
|
15'
|
Musik Pop Modern
|
Close Up
|
|
03
|
Eksterior/Luar Rumah
|
Camera berjalan menuju keluar dan menyorot kembali
suasana luar rumah.
|
5’
|
Musik Pop Modern
|
Full Shot
|
Persiapan Ending
|
Lampiran :
Curicullum Vitae (CV)
Nama : Nama
NIS : -
TTL : -
Tinggi/Berat badan : -
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Alamat : -
-
Kode Pos : -
Agama : -
No Tlp/HP : -
E-mail :
Pendidikan Formal :
TK : -
SD : -
SMP :
-
SMK :
-
Pendidikan Non-formal :
-
Pengalaman Bekerja :
-
Perilaku/Watak :
-
Skill/Kemampuan :
§
Bisa memakai software
Blender 3D
§
Bisa memakai software
Adobe After Effect
§
Bisa memakai software
Sony Vegas 10-11 Pro
§
Bisa memakai software
Aegisub 32b
§
Bisa memakai software
MMD
§
Berpengalaman memakai
software-software yang saya punya
Portofolio :
No comments:
Post a Comment